Perbandingan kali ini melibatkan dua motor sportbike kelas berat yang keduanya rilisan 2008. disebut kelas berat bukan hanya dari segi bobot, mesin ataupun kecepatan, tetapi juga dari performanya.
Babak 1 Test Dyno
Saat di test Dynojet 200i, Hayabusa unggul daya dari ZX.
Babak 2 Dimensi
Bobot Ninja ZX-14 lebih ringan, satu keuntungan Kawasaki.
Babak 3 Dragstrip
Adu dragstrip memungkinkan dua motor sama-sama diuntungkan dari sisi akselerasi. hanya saja Hayabusa unggul tipis 0,02 dari ZX.
Babak 4 Engine
Performa kedua motor seimbang. Kawasaki kuat di respon gas, sedangkan Hayabusa unggul jika di mode A.
Babak 5 Handling dan Stabilitas
Riding position Hayabusha lebih sporty, tapi sulit untuk kecepatan rendah.
Babak 6 Perlengkapan (Rem, Sok, Kopling)
Keduanya sama-sama punya plus minus, Suspensi seimbang, rem depan unggul Hayabusa, rem belakang unggul ZX.
Babak 7 Ergonomi, Kenyamanan, dan Style
Dari sisi handling Kawasaki unggul, dari sisi kenyamanan Hayabusa memimpin, sedang dari sisi style dan value seimbang.
——-
Suzuki GSX-R1300 Hayabusa
Keunggulan
* Unggul dikecepatan puncak
* Mesin diperbaharui (oversquare)
* Rasio kompresi dinaikkan, daya meningkat
* Akselerasi dan pindah gigi smooth
* Ada tiga mode mesin
* Ergonomi Real-sportbike
* Perubahan Bodywork lebih banyak dari ZX
* Ada tambahan Stabilizer dan Slipper Clutch
Kelemahan
* Respon gas kurang
* Turun gigi agak berat
* Steering geometri bikin malas
* Kurang lincah di RPM rendah
* Agresif minim di tikungan twisty
* Harga lebih mahal dari ZX
Kawasaki Ninja ZX-14
Keunggulan
* Power naik di putaran rendah
* Peak power meningkat
* Emisi dan suara diminimalisir
* Gampang dipakai untuk biker pemula
* Akselerasi lebih ringan
* Pindah/turun gigi enteng
* Pengereman mantap
* Power lebih cepat didapat
* Dikeluarkan versi SE dengan special paint
* Bobot total lebih ringan dari Hayabusa
Kelemahan
* Tuas kopling lebih berat dari Hayabusa
* Riding position kurang nyaman untuk endurance
* Posisi setang melelahkan
* Panas mesin masih terasa